Selasa, 02 November 2010

Membuat Bingkai Foto Dengan Photoshop


Bingkai Foto
Kini kita dapat dengan mudah melakukan pengeditan pada senuah foto dengan berbabagi program offline dan online termasuk membuat dan merekasaya foto tersebut sehingga akan terlihat berbeda dari foto aslinya (sebelum direkayasa).

Penambahan efek pada foto seperti pencahayaan, pewarnaan, desaturate (membuat foto hitam putih), membuat blur, membuat foto seperti sudah lama (classic), menambahkan bingkai foto, efek bayangan, efek foto terbakar dan sebaginya akan menjadikan foto tersebut berbeda dengan foto aslinya sehingga dapat disimpan pada suatu tempat yang sesuai dengan efek tersebut.

Banyak sekali pengguna Facebook dan Twitter yang sengaja merekayasa foto profile mereka dengan tujuan tertentu, agar tampil lebih unik salah satunya. Rekayasa foto tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Online Photo Editor.

Kali ini saya akan mencoba mejelaskan secara singkat cara membuat bingkai foto dengan Photoshop khusus bagi sobat yang sedang belajar Photoshop dasar. (Catatan : Tutorial dasar ini menggunakan Photoshop 7).
  1. Siapkan foto yang akan diberi bingkai (foto-1).
  2. Siapkan foto yang akan dijadikan background, nantinya akan menjadi bingkai/ pigura foto (foto-2). Ukuran terserah yang penting harus sesuai dengan foto yang akan diberi bingkai.
  3. Jalankan program Photoshop.
  4. Open file foto-2
  5. Click Rectangular Marquee Tool (M).
  6. Click Subtract From Selection.
  7. Buat seleksi dua kali seperti pada gambar. Buatlah seleksi bagian luar terlebih dahulu.
  8. Click kanan kemudian pilih Layer via Copy sampai terlihat Layer Baru (Layer 1).
  9. Double click Layer 1 pada property Layer sampai muncul window Layer Style.
  10. Pada window Layer Style, atur nilai-nilai tersebut sesuai selera.
  11. Pada Property Layer, hapus Background dengan cara drag ke tong sampah.
  12. Buka file foto-1 (foto yang akan diberi bingkai) kemudian drag foto tersebut ke bingkai tadi (foto-2).
  13. Apabila foto tersebut berada di atas bingkai, pindahkan ke bawah dengan cara CTRL + [ dan atur posisi foto tersebut sampai sesuai dengan pigura atau bingkai Photoshop tersebut.
  14. Selesai, Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar