Senin, 23 Agustus 2010

Renungan

Istilah Islam
Kata Islam berasal dari bahasa Arab, aslama, yuslimun, islaman, yang mempunyai beberapa arti, yaitu :
1) Melepaskan diri dari penyakit lahir dan batin;
2) Kedamaian dan keamanan;
3) Ketaatan dan kepatuhan.( Depdikbud, Ensiklopedi Islam, Jakarta : PT Ichtiar Baru Van Holve, 1998.

Masjfuk Zuhdi ( 1988:15-16) memilih penjelasan etimologis, yakni mengartikan terminologi Islam ini dengan ” keselamatan , perdamaian, dan penyerahan diri kepada Tuhan”.
AlQur’an menyebut kata Islam sebanyak depalan kali,yaitu dalam surat :
QS Al-Maidah (5):3; QS Al-An’am (6):125; QS Az-Zumar (39):22; QSAsh-Shaf (61):7; QS Al-Hujarat (49):17; QS At-Taubah(9):74.
” Islam adalah engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Swt, dan bahwanya Nabi Muhammad itu utusan Allah Swt, engkau melaksanakan shalat, menunaikan zakat, berpuasa bulan ramadhan, dan melakukan haji jika berkuasa ” (HR Muslim)

Istilah Agama
Al Qur’an mengungkapkan dengan sebutan ad-din, seperti termaktub dalam ayat ” ..... pada hari ini, telah Ku-sempurnakan untukmu agamamu ( dinakum), dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.............( QS Al Maidah (5):3. ” Sesungguhnya agama (di-na) yang diridhai disi Allah swt hanyalah Islam, (QS Ali-Imran (3):19”.

Maka apabila orang-orang yang dibukakan hatinya oleh Allah SWT, menerima agama Islam berarti ia mendapatkan nur cahaya dari Tuhannya ( QS Az-Zumar(39):22.

Bekerjalah untuk duniamu seakan akan kamu akan hidup selamanya, dan beribadahlah untuk akhiratmu seakan akan kamu akan mati besok ( Al Hadist )

Tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah ( Al Hadist)

Memikul kayu bakar lebih mulia daripada mengemis ( Al Hadist)

Seandainya seseorang mencari kayu bakar dan dipikulnya diatas punggungnya, hal itu lebih baik daripada kalau ia meminta –minta kepada seseorang yang kadang-kadang diberi , kadang kadang ditolak ( Al Hadist).

Janganlah sekali kali diantara kalian ada yang duduk- duduk enggan mencari karunia Allah, sambil berdoa : Ya Allah, limpahkanlah karunia kepadaku, padahal ia telah mengetahui bahwa langit tidak pernah menurunkan hujan emas dan perak ( Al Hadist).

Mukmin yang kuat itu lebih lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah ( Al Hadist)
Allah lebih menyukai mukmin yang bekerja …. ( Al Hadist)

0 komentar:

Posting Komentar