Jumat, 27 Agustus 2010

KAYA HATI


" Barang siapa memudahkan kesukaran seseorang Allah akan memudahkan baginya didunia dan akhirat "
(HR.Muslim ).

Tidak mungkin merasakan bagaimana sesungguhnya hidup susah ,kecuali oleh orang - orang yang sedang mengalami kesusahan hidup .Hanya orang orang tertentu yang mampu merasakan perasaan susahnya orang lain ,terutama orang - orang yang tergolong sebagai kaya hati .
Bahkan dalam suatu hadist ,Rasulullah SAW mengatakan bahwa kekayaan yang sesungguhnya adalah kaya hati .Hal ini memang sangat kuat alasannya . Orang yang kaya hati ..meskipun tidak kaya harta ,akan tetapi berusaha untuk menunjukkan keprihatinannya terhadap orang lain .Sebaliknya orang yang kaya harta ,namun tidak kaya hati tidak akan pernah prihatin dengan nasib orang lain ,terutama orang orang yang hidup dalam kesusahan.
Sebagaimana dikatakan dalam hadist diatas ,orang yang kaya hati sehingga mau membantu meringankan beban orang susah akan mendapatkan sekurang kurang dua kemudahan.
Pertama ,kemudahan hidup sewaktu di dunia.Ada saja pertolongan yang diperolehnya ,meskipun bukan melalui orang yang pernah dibantunya. Allah mengirim bantuan melalui tangan hamba hambanya yang lain.
Kedua ,pahala yang akan membantunya sewaktu ditimbang amalnya diakhirat kelak .
Oleh karena itu perbanyakkan berdoa kepada Allah supaya kita dimasukkan kedalam golongan yang kaya hatinya.Jangan sampai kita menjadi orang yang mati sebelum dimatikan oleh Allah yaitu orang yang mati hatinya.

0 komentar:

Posting Komentar