Jumat, 27 Agustus 2010

Sahabat


"Sekiranya hendak mengetahui akan tingkah laku ,pribadi atau kelakuan seseorang adalah ia seorang yang sholeh atau toleh maka tidak perlu bertanya disana sini
Cukup melihat siapaka kawannya dan siapakah orang -orang yang disayanginya dan dari itu akan mengetahui kepribadiannya ,karena seseorang yang berkawan ia akan mengikuti kelakuan dan perbuatan kawan nya itu ".
Petikan dari Nasihat Alqomah kepada puteranya :
"Wahai puteraku ...sekiranya engkau merasakan perlu untuk bersahabat dengan seseorang maka hendaklah engkau memilih teman teman yang mempunyai sifat yang berikut :
1. Jika kau ditimpa oleh bencana maka temanmu itu akan coba melakukan sesuatu untuk menghilangkan dan meringankan kesusahanmu itu.
2. Jika kamu minta sesuatu bantuan atau pertolongan dari teman itu maka ia akan segera mengusahakannya.
3. Jika merancangkan sesuatu maka temanmu itu akan turut membantumu dengan memberikan pandangannya.
4. Jika kamu bercakap cakap dengannya maka temanmu itu akan membenarkan kata kata mu.
5. Jika temanmu itu melihat sesuatu yang tidak baik dari perbuatan atau perkataan atau perkataanmu maka dia akan menutupinya.
6. Jika kamu mengeratkan hubungan persahabatan denganmu itu maka dia akan membalas dengan baik pertalian persahabatan itu.
7. Jika kamu mengulurkan sesuatu kebaikan ( hadiah ) kepada temanmu itu maka ia akan menerimanya dengan baik malah ia akan membalasnya kembali.
8. Jika temanmu itu mendapat sesuatu kebaikan dan kebajikan dari mu itu maka ia akan mengingati ,menghargai dan menyebutkan akan kebaikan mu itu .
9. Jika kamu berdiam diri atau karena malu untuk meminta sesuatu darinya maka dia akan bertanyakan akan kesusahanmu itu.
10. Jika kamu berselisih faham dengan temanmu itu maka ia lebih rela mengalah demi untuk memelihara persahabatanmu itu.

0 komentar:

Posting Komentar